Senin, 18 November 2013

Perlunya pengolahan sampah yang tidak bisa terurai "Besi menjadi bunga hias"



Bila membicarakan sampah, memang tidak ada habisnya, ada saja yang perlu dibahas. Banyak orang yang tidak peduli dengan sampah, bahkan kesadaran masyarakat akan sampah sangat kurang sekali. Banyak sekali orang-orang yang masih membuang sampah di sungai. Contohnya saja didekat sekolah saya, SMAN 4 Blitar. Terdapat spanduk “Budayakan Malu Membuang Sampah di Sungai”. Tetapi masyarakat sekitar belum sadar akan hal itu. masih saja sungainya bertumpukkan sampah. Sangat memprihatinkan sekali. Padahal apabila dikelola dengan baik, sampah dapat menjadi sesuatu barang yang berguna lagi masyarakat dan secara tidak langsung turut menyelamatkan lingkungan hijau yang mulai memudar. Bahkan, sampah bisa mempunyai nilai jual tinggi. Percaya atau tidak percaya, Tuhan menciptakan sesuatu selalu ada gunanya.
Seperti pada kali ini, banyak orang yang memiliki kebiasaan membuang tutup botol bekas tidak pernah berpikir dua kali. Mereka mengganggap bahwa tutup botol seperti itu sudah tidak berguna lagi dan sudah dianggap sampah. Contohnya saja, saat makan bakso atau mie ayam di restoran, banyak orang-orang minum teh botol dengan tutup besi tetapi tutupnya dibuang begitu saja tanpa dihiraukan sama sekali. Sementara beberapa orang mengumpulkan tutup botol bekas yang sudah tidak terpakai tersebut (khususnya yang berbahan dasar besi) untuk dibuat berbagai karya seni yang unik dan cantik, seperti perhiasan, hiasan meja, gantungan kunci, pembatas buku, sovenir pernikahan, dan kerajinan pernak-pernik yang bermanfaat lainnya.
Kali ini saya akan memberikan cara membuat bunga hias dari besi tutup botol

Alat                        :
1.       Kawat
Bahan                   :
1.       Tutup botol besi
Cara                       :
1.       Kumpulkan tutup botol seperlunya sekitar 18 tutup untuk satu bunga. Lalu rangkai antara tutup satu dengan yang lainya. Variasikan warnanya. Untuk bunganya beri warna tutup orange atau merah bisa kuning. Untuk pinggiran pada bunganya beri warna hijau.
2.       Sambungkan rangkaian itu dengan kawat. Lalu untuk tangkai bunga beri kawat yang agak tebal. 




Cara 2                    :
1.       Ambil tutup botol dan potong pinggiranya berbentuk potongan kecil-kecil, lalu beri tangkai dengan kawat yang ukuranya lebih tebal. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar