Senin, 18 November 2013

Cara Membuat Tempat Pensil dari Pelepah Pisang



Cara Membuat Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

Sebagian manyarakat mengangggap bahwa limbah pelepah pisang tidak ada manfaat nya dalam kehidupan sehari-hari. Namun beberapa kalangan masyarakat berusaha menciptakan sebuah inovasi. Salah satu nya dengan mengolah limbah atau sampah pelepah pisang menjadi sebuah benda yang dapat dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berguna. Salah satunya dengan memanfaatkan pelepah pisang menjadi kebutuhan hidup seperti tempat pensil.
Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini cukup mudah di dapat serta dapat di buat dari semua kalangan baik muda, tua, maupun pelajar.


1.       Pelepah pisang
2.       Gunting
3.       Kertas karton , kertas ini digunakan untuk membuat pola betuk yang kita inginkan dalam membuat tempat pensil , umumnya berbentuk tabung.
4.       Hiasan berupa biji-bijian atau manik-manik
5.       Pensil
6.       Lem, upayakan menggunakan lem dengan daya lekat tinggi
Langkah-langkah pembuatan kotak pensi :
1.       Siapkan pelepah pisang yang telah kering, pengeringan pelepah pisang biasanya menggunakan energy cahaya matahari .
2.       Tempelkan pelepah pisang yang telah kering pada kertas karton yang telah dibentuk pola kotak pensil.
3.       Pada proses pengeleman , dianjurkan untuk menggunakan lem dengan daya lekat tinggi untuk memperoleh hasil yang maksiamal, biasa nya menggunakan lem G.
4.       Tunggu sampai kering, proses pengeringan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar benar-benar kering. Jika telah kering tambhakan dengan hiasan yang telah di sediakan. Bias berupa manik-manik atau hiasan lainnya.
5.       Jadilah tempat pensil sederhana , hal sekecil ini sangat dibutukan untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitar kita.

2 komentar:

  1. bagaimana cara membentuk pola karton yang menyerupai tempat pensil

    BalasHapus
  2. bagaimana cara membentuk pola karton yang menyerupai tempat pensil

    BalasHapus